Kelebihan dan Kekurangan Threads Dibanding Twitter

 Persaingan sengit antara Mark Zuckerberg dan Elon Musk benar – benar terjadi ketika Mark terang – terangan mengumumkan produk terbaru Meta yang memiliki fitur dan ‘konsep’ nyaris kembar dengan Twitter. Produk tersebut adalah Threads. Yaps, Threads Vs Twitter sedang berdual sengit saat ini. 

Di awal keberadaannya, banyak pengguna Instagram yang mencoba Threads hingga popularitasnya melonjak sangat tajam. Meski demikian, popularitas Threads tersebut tidak berlangsung lama karena pada akhirnya Threads mengalami penurunan pengguna di minggu ketiga peluncurannya. 

Hal yang kemudian orang ingin tahu tentang keduanya adalah kelebihan dan kekurangan antara kedua platform kembar tersebut. Apa sih kelebihan dan kekurangan Threads Vs Twitter? Kali ini kita akan membahasnya!


Kelebihan dan Kekurangan Threads Vs Twitter


Batasan karakter Threads lebih panjang

Twitter hadir sebagai sebuah jejaring sosial yang memungkinkan pengguna berbagi cuitan berupa kata. Karena itu sebenarnya batasan karakter dapat menjadi kelebihan atau kekurangan dari platform jejaring sosial seperti Twitter dan Threads. 

Lantas, berapakah batasan karakter untuk berkicau di Twitter? 

Awalnya batasan karakter untuk berkicau di Twitter hanya 280 karakter saja. Namun kini, untuk akun Twitter terverifikasi, mereka sudah bisa berkicau dengan maksimal 25.000 karakter per unggahan. Sementara untuk akun tak terverifikasi, mereka masih harus puas dengan batasan karakter awal yang lebih sedikit dari batasan karakter Threads. 

Untuk Threads, platform ini memberikan batasan karakter per unggahan sebanyak 500 karakter. Sementara untuk akun terverifikasi, masih belum diketahui apakah bisa mengunggah karakter lebih banyak atau tidak. 

Kemampuan menghapus postingan

Threads hadir dengan manajemen fitur yang sangat bagus. Threads sudah dibekali dengan kemampuan menghapus postingan yang sudah dibuat sesuai keinginan. Proses menghapus postingannya juga mudah.

Tinggal klik tombol titik tiga pada setiap postingan dan pilih hapus. Maka postingan akan terhapus. Apakah Twitter tidak memiliki fitur ini? 

Sayangnya, Twitter juga kini sudah dilengkapi dengan kemampuan menghapus postingan sehingga kelebihan Threads ini bukan kelebihan yang sebenarnya terlalu menonjol karena saingannya pun memiliki kelebihan yang sama.

Threads belum ada iklan, Twitter banjir

Suka sebal dengan iklan yang berseliweran dimana – mana? Kalau begitu, Anda bisa coba Threads karena saat ini setidaknya sampai artikel ini dibuat, masih belum ada tayangan iklan apapun di Threads. 

Lantas, akankah Threads tidak menayangkan iklan? 

Belum tentu. Meta juga sebelumnya sudah menyampaikan bahwa kemungkinan ke depannya, algoritma Threads akan sejalan dengan algoritma kedua kakaknya yakni Instagram dan Facebook. Jadi kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan, iklan juga akan disisipkan sejalan dengan ketentuan terbaru Meta. 

Threads belum memiliki fitur DM 

Pada sebuah  jejaring sosial, fitur DM (Direct Message) menjadi sebuah fitur yang sangat penting. Namun, inilah kekurangan Threads. Platform terbaru dari Meta ini masih belum dibekali dengan fitur direct messaging. Dengan demikian, pengguna tak dapat berbicara secara privat via pesan dengan pengguna lain. 

Sementara di Twitter, pengguna sudah bisa membahas tentang tweet atau topik apapun di direct message yang telah disediakan.

Tak bisa unggah GIF di Threads

Hal lain yang masih menjadi ketertinggalan dari Threads Vs Twitter adalah bahwa Threads tidak bisa unggah GIF sementara fitur baru yang bisa dinikmati di Twitter adalah bisa mengunggah GIF. 

Saat ini, Threads hanya bisa mengunggah teks, gambar dan video saja dalam cuitan thread yang ditayangkan.

Twitter sudah dibekali fitur trending, Threads belum

Saat ini, Threads bisa dibilang sebagai sebuah platform yang sederhana. Bukan hanya fitur trending sebagaimana yang Twitter punya yang belum tersedia di Threads, melainkan opsi untuk melihat topik atau tagar sebagaimana yang dihadirkan Instagram pun masih belum ada. 

Padahal fitur trending tersebut merupakan hal yang menjadi keunggulan utama dari Twitter. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna dapat menemukan apa saja topik yang sedang populer di suatu wilayah bahkan dunia. 

Lantas, bagaimana cara Threads dapat bersaing dengan Twitter jika fitur ‘vital’ yang Twitter punya saja belum Threads hadirkan? Ataukah Threads punya strategi lain untuk bertahan?

Threads tak dapat diakses dari desktop

Threads saat ini hanya tersedia pada perangkat android dan iOS saja. Jadi pengguna PC atau laptop belum bisa mengakses Threads. Sementara Twitter tak ada batasannya. Bukan hanya pengguna android dan iOS saja yang bisa mengakses Twitter, melainkan pengguna laptop dan komputer pun bisa menggunakan Twitter.

Buat akun Threads artinya harus punya Instagram

Yaps, akun Threads berekonsiliasi dengan Instagram yang itu artinya bahwa orang yang ingin membuat akun Threads harus memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Kalau belum punya akun Instagram, maka buat dulu akun Instagram baru bisa mengcreate akun Threads. 

Hal tersebut tentu berbeda dengan Twitter yang tak perlu memiliki akun Instagram. Anda hanya perlu memiliki email atau nomor telepon saja untuk mendaftar Twitter karena jejaring sosial ini tidak terekonsiliasi dengan sosial media apapun.


Kesimpulan Kelebihan Dan Kekurangan Threads

Jadi bagaimana? Dari kelebihan dan kekurangan Threads Vs Twitter di atas, Anda pilih platform mana untuk digunakan? Ataukah Anda akan menggunakan dua – duanya? Tak masalah mau menggunakan platform mana saja. Untuk Anda yang masih belum punya platform Threads atau Twitter, silahkan dicoba dan dapatkan pengalaman menggunakannya. Karena memang platform lain mungkin berbeda, untuk platform baru ini bisa membuat anda ketagihan dalam menggunakannya tentunya.


0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Threads Dibanding Twitter "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel